Pages

Kamis, 15 September 2016

modus penipuan di sosmed

modus penipuan 
Hasil gambar untuk modus penipuan lewat sosial media


Telepon dari Bank
Modus lain adalah telepon atau SMS dari seseorang yang mengaku dari bank tertentu yang menginformasikan anda mendapatkan hadiah. Selanjutnya orang itu akan menggiring anda untuk menyebutkan nama, nomor rekening, hingga PIN. Di situ semua data rekening anda sudah mereka rekam dan pengurasan dana rekening anda pun terjadi.

Jangan percaya terhadap telepon dan SMS itu. Dari mana mereka mendapatkan nomor telepon anda? Harus anda pahami, pihak bank tidak pernah bertanya soal PIN rekening.

Mengajak Bisnis

Ada juga yang mengirimkan SMS atau telepon langsung yang mengaku sebagai teman lama. Kemudian ia mengajak berbisnis. Misalnya jual beli mobil bekas yang murah. Buntutnya ia meminta uang muka pembelian mobil itu. Harus ditransfer. Anda tergiur karena harganya murah dan lewat teman lama pula. Uang ditransfer dan anda pun jadi korban penipuan.

Anda lupa mengonfirmasi teman lama itu siapa. Apakah ia kenal dengan teman lama anda yang lain? Mintalah supaya ia menyebutkan nama-nama teman lama lainnya. Bila ia tidak bisa atau mengelak dengan berbagai cara, bisa dipastikan ia adalah jaringan penipu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates